Wisata Adat dan Kebudayaan Pasar Terapung - Kalimantan Selatan

Wisata Pasar Terapung - Kalimantan Selatan , Budaya Berharga warisan nenek moyang

Jika anda ingin bener-bener melihat suasana jual-beli tempoe doeloe, datanglah ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di sana anda akan menemukan kegiatan unik transaksi jual beli diatas aliran sungai. Orang sana biasa menyebutnya dengan pasar terapung.



 Pasar Terapung Muara Sungai Kuin atau Pasar Terapung Sungai Barito adalah pasar terapung tradisional yang berada di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar Terapung Muara Kuin merupakan pusaka saujana Kota Banjarmasin. Para pedagang dan pembeli menggunakan jukung, sebutan perahu dalam bahasa Banjar. Pasar ini mulai setelah shalat Subuh sampai selepas pukul tujuh pagi. Matahari terbit memantulkan cahaya di antara transaksi sayur-mayur dan hasil kebun dari kampung-kampung sepanjang aliran sungai Barito dan anak-anak sungainya.



Para pedagang wanita yang berperahu menjual hasil produksinya sendiri atau tetangganya disebut dukuh, sedangkan tangan kedua yang membeli dari para dukuh untuk dijual kembali disebut panyambangan. Keistemewaan pasar ini adalah masih sering terjadi transaksi barter antar para pedagang berperahu, yang dalam bahasa Banjar disebut bapanduk. Namun saat ini, keberadaan pasar terapung ini mulai terancam  punah.

 Masyarakat lebih memilih pasar darat yang simpel, cepat, dan mudah dalam akses dan pelayanannya. Sehingga sering kali, pasar terapung ini tampak sepi, baik pengunjung maupun pedagangnya. Setiap tahun, aktifitas pasar terapungpun berangsur-angsur menghilang. Jika anda tertarik menikmati wisata ini, segeralah berkunjung ke kalimantan selatan. Jika beruntung, anda akan sempat melihat eksotisnya pasar terapung dipagi hari.

0 Response to "Wisata Adat dan Kebudayaan Pasar Terapung - Kalimantan Selatan"

Post a Comment